Senyum


Para ilmuwan Jepang telah mengadakan riset bertahun-tahun tentang senyum. Jepang adalah Negara di asia yang merajai teknologi tinggi, para pekerjanya terutama di Tokyo adalah workaholic (pekerja berat) yang sanggup  bekerja 20 jam sehari.

Suatu ketika kinerja sebuah perusahaan menurun drastis akibat pekerjanya yang stress, ternyata penyebab utamanya adalah para pekerja di Jepang kurang meluangkan waktu untuk tersenyum.



Jauh sebelum itu, pada 14 abad yang lalu Muhammad Rasulullah saw bersabda “Senyum adalah shodaqoh” dan hal tersebut disunnahkan sehingga dalam kehidupan sehari-hari para sahabat tiap bertemu dengan rasulullah ataupun dengan para sahabat lain selalu tersenyum dan saling mengucapkan salam.

Sehingga kehidupan dan budaya pada zaman kerasulan Muhammad saw tercipta nuansa kasih sayang dan persaudaraan, senyum membuat hati orang lain senang, dan senyum adalah shadaqah termudah.

Maka.. senyumlah untuk saudaramu sebagai tanda kasih saying, sebab agama Islam adalah agama kasih sayang. Meskipun hanya senyum tetapi kita niatkan untuk menyenangkan saudara kita sesungguhnya Allah swt melihat amal kita sekecil apapun dan sesungguhnya Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu. (An Nisa 86).

“Smile Is Shodaqoh”



Komentar